Pemain Legendaris MU Bernomor Punggung 7


Nomer tujuh di klub Manchester United adalah sebuah angka keramat yang tidak sembarangan dipakai.Tercatat para pemain legendaris Setan Merah mengenakan nomer 7.Bagi Setan Merah,pemain yang mengenakan nomer punggung tujuh biasanya diidentikan sebagai icon klub tersebut.Berikut ini pemain legendari Manchester United yang mengenakan nomer punggung 7.




George Best


1.George Best

Bergabung dengan squad Setan Merah pada tahun 1963-1974,Best merupakan jebolan dari Manchester United junior.Bermain sebanyak 370 dan berhasil mencetal 179 gol.Bersama dengan Dennis Law dan Bobby Charton,berhasil menghantarkan Manchester United sebagia Juara Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah.Selain itu berhasil membawa MU menjadi kampium Liga Inggris sebanyak dua kali.



Selain piawai di dalam bermain bola,Best juga dikenal sebagai pemain yang tidak disiplin dan memiliki kehidupan yang glamor.Pelatih MU waktu itu Sir Matt Busby mengatakan "Let him alone. Don't try to coach him,this boy is special.Menggambarkan Best yang memang tidak suka diatur namun memiliki kemampuan luar biasa di dalam lapangan hijau.

Sayang Best tidak bisa mengelola ketenarannya dengan baik,akhirnya ia mengalami ketergantungan terhadap alkohol dan meninggal pada usia 59 tahun.




Bryan Robson (1981-1994)

2.Bryan Robson

Pemain berjuluk Robo ini merupakan penyandang ban kapten MU yang paling lama yaitu sepanjang 12 tahun.Robo bermain untuk MU sebanyak 345 dan mencetak 74 gol.Bryan Robson membela MU dari tahun 1981 hingga 1994.Transfernya dari West Brown Albion pada tahun 1981 memecahkan rekor transfer kala itu dengan nila 1,5 juta pound.

Sama dengan George Best,Robo pun juga memiliki masalah dengan alkohol.Namun hal ini tidak berlangsung lama,kedatangan manajer baru Alex Ferguson pada tahun 1985 mampu mengubah kebiasaan negativ Robo.Bersama MU,Bryan Robson telah mengkoleksi 4 Piala FA (1983,1985,1990,1994),dua Liga Primer Inggris (1992-93,1993-1994),1 Piala EUFA (1991),dan 1 Piala Super Eropa (1991).




Eric Cantona (1992-1997)

3.Eric Cantona

Bergabung dengan MU pada tahun 1992,Cantona langsung menjadi icon dari Setan Merah.Pemain ini dibeli dari rival Setan Merah,Leed United.Cantona menempati posisi penyerang,pada musim pertamanya ia berhasil membawa MU menjadi juara Liga Inggris.

King Eric dikenal sebagai pemain yang keras baik di dalam mau pun di luar lapangan.Ia pernah menendang kungfu salah seorang fans Cystal Palace pada saat berlangsungnya pertandinhan dengan Manchester United.Akibatnya ia dikenali hukuman beberapa hari di penjara,kerja sosial dan larangan bermain selama satu tahun.

Cantona juga menyandang ban kapten MU setelah kepergian dari Bryan Robson.King Eric dikenal sebagai penyerang tajam yang memiliki tendangan jarak jauh mematikan.Selama membela MU,ia berhasil mempersembakan 4 kali Juara Liga Inggris,dan dua kali piala FA.Cantona mengakhiri karir bermainnya di Manchester United,pada usia yang cukup muda yaitu 30 tahun.Cantona untuk MU sebanyak 144 kali dengan torehan 64 gol.



4.David Beckham (1993-2003)

Di musim 1994/1995 David Beckham masuk ke skuad senior Manchester United, hal ini mendapat banyak kecaman karena pada saat itu usia David Beckham masih sangat muda. Tapi di akhir musim, Beckham membuktikan pilihan pelatihnya Alex Ferguson tepat dengan memenangi Premiership dan FA Cup. Di bulan Agustus 1996 David Beckham mencetak gol spektakuler ke gawang Wimbledon yang pada saat itu dikawal Neil Sullivan. Ia mencetak gol dari tengah lapangan. Dia melakukan debutnya untuk tim nasional Inggris pada tanggal 1 September 1996 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia menghadapi Moldova.

Pada musim 1998/1999, Manchester United berhasil meraih tiga gelar: Premiership, FA Cup, dan Liga Champions. Bahkan gelar Liga Champions diraih dengan sangat spektakuler. Di pertandingan final Liga Champions, Manchester United tertinggal 0-1 sampai menit ke-89, di saat pendukung Bayern Muenchen sudah menggelar pesta, keajaiban terjadi. Teddy Sheringham setelah berhasil memanfaatkan umpan dari tendangan penjuru Beckham. Kurang lebih 30 detik setelah kick-off, Manchester United mendapat tendangan penjuru lagi. David Beckham mengambil tendangan penjuru itu dan umpannya berhasil dimanfaatkan Ole Gunnar Solskjær.
Pada musim 2002 hubungan Beckham dengan pelatihnya Sir Alex Ferguson memburuk setelah Ferguson marah ketika Manchester United kalah dari Arsenal. Di kamar ganti Ferguson menendang sepatu bola dan mengenai pelipis mata Beckham. Akibat insiden ini, pelipis Beckham harus mendapat 13 jahitan.

Pada tanggal 12 Juni 2002 Beckham mendapat gelar OBE dari Ratu Inggris.OBE merupakan singkatan dari order of the british empire.

Beckham bermain untuk MU sebanyak 265 kali dan mencetak 61 gol.Pada tahun 2003 Beckham meninggalkan MU untuk bergabung dengan Real Madrid.Selama bermain untuk MU,Beckham berhasil memberikan 7 kali Juara Liga Inggris,3 kali Piala FA,1 kali Liga Champion dan 1 kali Juara Interkontinental.





cristiano ronaldo (2003-2009)


5.Cristiano Ronaldo

Ini dia pemain nomer 7 yang paling sukses di MU,Cristiano Ronaldo.Ronaldo bergabung dengan MU pada tahun 2003 dengan nilai 12 juta pound.Ronaldo yang masih muda mengawali debutnya pada ajang Community Shield melawan The Gunners Arsenal.

Awalnya publik tidak mengetahui siapa pemuda yang mengenakan nomor punggung 7 tersebut.Debut awalnya yang cukup mengesankan membuat fans MU melupakan pemilik no 7 sebelumnya,David Beckham.

Ronaldo merupakan salah satu pemain paling komplit di dunia,dan merupakan pembelian tersukses United.Selain mahir bermain bola,Ronaldo juga merupakan pesepakbola yang memiliki wajah tampan.Dengan segera icon pemain bola tertampan diraih oleh CR7 menggantikian Beckham.

Ronaldo telah bermain sebanyak 292 kali untuk MU dan mencetak 118 gol.Pada  tahun 2009,Ronaldo pindah dari MU menuju Real Madrid,dan menjadi pemain termahal hingga kini dengan nilai transfer mencapai 80 juta pound.

Bersama MU,Ronaldo berhasil memberikan 3 kali gelar Liga Inggris,2 kali Piala Liga,1 kali Piala FA,1 kali Liga Champion dan 1 kali FIFA World CLub.Bersama MU pula,Ronaldo berhasil menggondol predikat pemain terbaik dunia pada tahun 2008.


Michael Owan??pemain ini memang mengenakan no 7 saat ini namun bukan termasuk dalam daftar pemain legendaris MU,mengingat ia jarang dimaikan dan mencetak gol.Menurut saya seharusnya Sir Alex memberikan no 7 kepada Chicarito atau Danny Wellbeck.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...